Skip to content

Tetap Sehat Dengan Obat Tradisional Temulawak

July 3, 2010
Obat tradisional Temulawak sudah sangat dikenal oleh masyarakat secara empiris (turun-temurun) untuk mengobati berbagai jenis penyakit . kian hari penggunaan bahan baku obat tradisional alami tersebut makin banyak ,sehingga nilai ekonominya pun semakin meningkat. Penelitian ilmiahpun makin intensif dilakukan oleh berbagai kalangan. Hasilnya, obat tradisional temulawak menjadi obat unggulan. Kini banyak produk jamu tradisional dan fitofarmaka yang berbahan baku tanaman obat tradisional ini beredar di pasaran bersaing dengan produk tanaman obat tradisional lain seperti gingseng dan ginko biloba.

temu lawakBagi masyarakat di pulau jawa, nama obat tradisional temulawak pasti tidak asing lagi. Di daerah jawa tengah,tanaman ini dikenal sebagai minuman eksotik dengan cita rasa khas. Dengan mancampurkan bersama gula dan kunyit,lalu diseduh dengan air panas akan menghasilkan sebuah rasa tersendiri . masyarakat di daerah tersebut biasanya memberikan ramuan obat tradisional ini kepada anak yang susah makan, sebab disinyalir ramuan obat tradisional temulawak dapat meningkatkan nafsu makan. Bahkan dipercaya juga sebagai jamu yang memperlambat penuaan, menghilangkan flek di wajah serta menjaga kelenturan tubuh. Perempuan sehabis melahirkan disarankan meminumnya. Obat tradisional temulawak memiliki kandungan minyak atsiri yang memang membangkitkan selera makan,membersihkan perut dan juga meperlancar ASI.

Obat tradisional temulawak merupakan tumbuhan semak tak berbatang. Tinggi tanaman bervarasi antara 1-2 meter. Daunnya bulat panjang,mirip daun pisang. Pelepah daunnya saling menutupi membentuk batang. Tumbuhan yang patinya mudah dicerna ini dapat tumbuh baik di daratan rendah ketinggian 750 meter di atas permukaan laut. Rimpang akan muncul dari pangkal batang,dan berkembang cukup baik pada tanah yang gembur. Pemanenan dilakukan setelah berusia 8-12 bulan. Warna rimpang kuning tua atau coklat muda,panjangnya sampai 15 cm dan diameter mencapai 5 cm bahkan lebih . baunya harum dan rasanya pahit agak pedas.

Apabila kita secara teratur minum obat tradisional temulawak setiap hari,maka akan kita peroleh banyak manfaat bagai kesehatan diantaranya:
Sebagai antioksidan dan memelihara kesehatan
Menormalkan lemak darah termasuk juga kolesterol
Memperbaiki fungsi pencernaan
Meningkatkan nafsu makan
Memelihara kesehatan fungsi hati
Menghanbat terjadinya penggumpalan darah
Begitu banyak manfaat obat tradisional temulawak bagi kesehatan

One Comment leave one →
  1. July 3, 2010 10:48 am

    Obat tradisional sebenarnya tak kalah dengan obat yang mengandung unsur kimiawi. Keuntungannya obat tradisional lebih aman, karena berasal dari bahan-bahan alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: