Skip to content

Herbal Untuk Obat Luar

July 1, 2010

Gempa bumi yang melanda negeri kita berulang kali tidak hanya merugikan materiil yang nilainya bermilyard-milyard rupiah namun juga moril yang tak ternilai harganya. Mulai dari orang tua kehilangan anak, anak kehilangan Orang tua, isteri kehilangan suami, suami kehilangan isteri atau satu sama lain saling kehilangan anggota keluarga masing-masing.

Bantuan yang dibutuhkan untuk korban pasca gempa bukan hanya makanan atau pakaian namun juga pendampingan secara psikologis. Pengobatan psikis sangat bermanfaat untuk merubah atau memperngaruhi pikirannya yang negative atau pesimis menjadi positif dan optimis.

Mengobati pasien yang mengalami luka di bagian fisiknya perlu menggunakan obat dalam dan juga obat luar. Korban bencana gempa bumi banyak sekali yang membutuhkan obat luar untuk luka terbuka yang nampak di bagian tubuhnya terutama obat merah atau salep untuk obat modern sedangkan obat tradisional bisa menggunakan minyak herbal,daun-daun herbal yang dihaluskan lalu ditempelkan dibagian yang luka. Bisa juga menggunakan dedaunan yang dipanaskan dengan Minyak kelapa ditempelkan dibagian perut yang kembung (daun jarak).

Obat luar : adalah bahan atau campuran bahan yang digunakan untuk pengobatan bagian luar dari tubuh pasien,.Khasiatnya bisa langsung meredakan rasa sakit, mengeringkan luka, mengempiskan benjolan atau pembengkakan, mencegah dan memulihkan penyakit untuk mempercepat penyembuhan. Diagnosa suatu penyakit yang diberikan selain melalui mulut atau oral, bisa lewat kulit, injeksi, anus, vagina, hidung, telingga dan mata. Dengan cara di oleskan atau di teteskan pada bagian yang sakit atau dikompres tidak boleh masuk melalui system pencernaan baik diminum atau di telan .

Untuk mengatasi penyakit kanker yang benjolannya nampak di luar bagian tubuhnya ternyata juga bisa dilakukan dengan pengobatan luar menggunakan garam herbal, minyak herbal dan krim herbal. Contoh kasusnya pasien anak-anak. Aisyah umur 11 th yang menderita kanker kelenjar (lymphoma) stadium IV. Benjolannya muncul di empat tempat mulai di bahu kirinya, tangan kanan, pinggang dan atas lututnya yang membusuk dan besar seukuran bola kaki sehingga kaki dan tangannya sudah bengkak semua.

Selain menggunakan ramuan paket kanker yang berbentuk kapsul, Aisyah menggunakan garam herbal untuk terapi perendaman tubuhnya yang sudah dihinggapi kanker dibeberapa tempat dan berwarna merah keunguan. Setelah berendam air garam herbal lalu diberikan kompres minyak herbal Mahkotadewa. Dalam waktu lima hari pembengkakan di tubuhnya hilang dan benjolan-benjolan kanker yang membesar, puji Tuhan bisa mengempis sedikit demi sedikit. Begitu juga yang dialami pak Suryanto pasien dari klinik herbal Ny.Ning Harmanto di Poins Squere Pak Suryanto juga menderita kanker kelenjar Yang muncul di tujuh tempat, bahu kiri kanan dan lima diselangkangan kaki dengan terapi yang sama dalam waktu dua bulan sudah bisa sembuh total, bebas dari kanker.

Perbedaan bahan herbal dengan obat medis, herbal yang biasa diminum atau obat dalam biasanya juga bisa digunakan untuk obat luar namun obat medis yang biasa diminum tidak bisa dijadikan obat luar. Sebaliknya obat herbal yang biasa dijadikan obat luar biasanya tidak bisa diminum Herbal untuk obat luar ; adalah bahan herbal atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan yang secara tradisional telah digunakan untuk pengobatan luar tubuh ( tidak boleh di minum atau di telan ) dengan cara dioleskan atau diteteskan pada bagian yang sakit berdasarkan pengalaman empiris..

Bentuk sediaan obat tradisional untuk obat luar antara lain salep, balsam, minyak urut, minyak gosok, tapel, pilis, ratus, obat kumur, parem, rempah mandi &koyok, garam terapi. Selain untuk mengobati penyakit, herbal untuk obat luar juga bermanfaat untuk kecantikan, mencegah penuaan dini,mengatasi selulit, menghaluskan kulit, memberikan nutrisi pada kulit, relaksasi & membangkitkan gairah seksual. Biasanya berbentuk bedak dingin, spa, lulur, masker,krim atau minyak urut.

Pada jaman dahulu ibu-ibu yang habis melahirkan biasanya di berikan ramuan obat luar berupa tapel dan pilis untuk mengembalikan bentuk perutnya yang berkerut-kerut.

Pembuatan herbal untuk obat luar harus memenuhi persyaratan
1. Aman dan bermanfaat untuk digunakan manusia
2. Bahan obat tradisional & proses produksi memenuhi syarat kebersihan yang
ditetapkan
3. Tidak mengandung bahan kimia sintetik atau hasil isolasi yang berkhasiat obat
4. Tidak mengandung obat keras atau narkotika

Macam2 herbal yang banyak digunakan untuk obat luar a.l ;
1. Daun sirih
2. Pegagan
3. Sambiloto
4. Daun Dewa
5. Angelica
6. Lengkuas
7. Umbi dewa
8. Jahe
9. Kunyit
10. Kencur

Herbal no 1 sd 5 dalam bentuk daun, biasanya digunakan untuk mengobati luka terbuka baik luka lama atau baru cara penggunaannya daun dibersihkan dengan air hangat lalu dihaluskan dan ditempelkan dibagian luka, cara lain dikeringkan lebih dulu lalu dibuat serbuk dan dicampur dengan minyak kelapa murni lalu ditempelkan dibagian luka.

Herbal no 6 sd 10 dalam bentuk rimpang dan umbi, biasanya untuk mengatasi pembengkakan atau terkilir. Cara penggunaannya bisa dicuci bersih, diparut atau ditumbuk lalu ditempelkan dibagian yang sakit.

Kesimpulan:
1. Herbal atau tanaman obat bisa digunakan untuk membantu pengobatan luka korban bencana alam.
2. Herbal obat luar bisa dijadikan minyak, krim atau serbuk yang ditaburkan dibagian luka.
3. Pengobatan kanker yang muncul diluar tubuh, terapi pengobatannya selain menggunakan obat yang
diminum untuk mematikan sel kankernya bisa menggunakan obat luar mulai dari garam herbal, minyak
herbal dan krim herbal untuk mempercepat penyembuhan
4. Obat herbal selain diminum dan dijadikan obat luar bisa juga dijadikan terapi kecantikan,mengatasi
penuaan dini mencegah penuaan dini,mengatasi selulit, menghaluskan kulit, memberikan nutrisi pada
kulit,relaksasi & membangkitkan gairah seksual. Biasanya berbentuk bedak dingin, spa, lulur, masker, krim
atau minyak urut.
5. Membuat obat luar dari herbal tetap harus memperhatikan kebersihan proses pembuatannya

Obat Luar

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: