Skip to content

Mahoni Menambah Nafsu Makan

March 15, 2010

Selama ini kita mengenal mahoni sebagai pohon yang kayunya bisa digunakan untuk membuat perabot rumah. Namun ternyata sudah lama buah maupun biji dari pohon ini juga berguna untuk mengatasi beberapa penyakit di antaranya hipertensi dan menambah nafsu makan.

Tanaman yang berasal dari keluarga meliaceae ini tumbuh liar di hutan-hutan jati dan tempat-tempat lain yang dekat dengan pantai. Ada juga yang ditanam di tepi-tepi jalan sebagai pohon perindang.

Tanaman asal India Barat ini dapat tumbuh subur di pasir payau. Pohon yang tingginya antara 5-25 meter ini berakar tunggang, batang bulat, banyak cabang dan kayunya bergetah. Daunnya majemuk menyirip genap. Helaiannya berbentuk bulat telur. Ujung dan pangkal runcing. Tepi rata, tulang menyirip, dan panjangnya 3-15 cm.

Daun muda berwarna merah dan setelah tua warnanya hijau. Bunganya majemuk tersusun dalam karangan yang keluar dari ketiak daun. Ibu tangkai bunga silindris dan warnanya coklat muda.Kelopak bunga pohon yang nama daerahnya mahagoni, maoni atau moni ini lepas satu sama lain, bentuknya seperti sendok, dan warnanya hijau. Mahkota silindris, kuning kecoklatan. Benang sari melekat pada mahkota. Kepala sari putih atau kuning kecoklatan.

Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun. Bentuk buahnya bulat telur, berlekuk lima, warnanya coklat. Biji pipih, warnanya coklat atau hitam.Harus Dengan Pupuk OrganikPohoh yang nama latinnya Swietenia mahagoni Jacq ini merupakan pohoh penghasil kayu keras dan digunakan untuk perabot rumah tangga serta perabot ukiran. Kayunya juga sering dibuat penggaris karena tak mudah berubah. Getahnya baik untuk bahan perekat.

Pengembangbiakan bisa dengan biji, cangkok atau okulasi. Tanaman ini butuh air yang cukup agar kelembaban tanah terjaga. Tanaman ini menghendaki tempat yang cukup matahari (sinar langsung).

Sebagai tanaman obat, tanaman ini tidak boleh diberi pupuk kimia (anorganik) maupun pestisida.Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat pahit, dingin, anti piretik (penurun panas), anti jamur dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Efek farmakologis ini diperoleh dari penggunaan biji yang dikeringkan, digiling halus sampai menjadi serbuk.

(Abdi Susanto)Sumber:Kompas, 22 Agustus 2002

Beragam KhasiatMenurut Dr. Setiawan Dalimartha dan beberapa rekannya, Mahoni berguna untuk penyakit-penyakit sebagai berikut:

HIPERTENSI
Cara I
Bahan:- 8 gram biji mahoni segar- 2 gelas air panas
Cara Mengolah:8 gram biji segar diseduh dengan 2 gelas air panas.
Setelah dingin disaring lalu dibagi menjadi 2 bagian.
Aturan pakai:Minum pagi dan sore
Cara II
Bahan:- setengah sendok teh serbuk biji mahoni- setengah cangkir air panas- 1 sendok makan madu
Cara Mengolah:Setengah sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan setengah cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu.
Aturan pakai;Minum selagi hangat. Lakukan 2-3 kali sehari.

KENCING MANIS
Bahan:- setengah sendok teh serbuk biji mahoni- 1/3 cangkir air panas
Cara Mengolah:Setengah sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/3 cangkir air panas. Diamkan selama beberapa jam agar zatnya yang berkhasiat larut dalam air. Saring lebih dahulu sebelum diminum.
Aturan pakai:Diminum selagi hangat, 30 menit sebelum makan. Lakukan 2-3 kali sehari.
Catatan:Walaupun air seduhan biji mahoni rasanya pahit, minumlah apa adanya. Jangan ditambah madu atau gula.

KURANG NAFSU MAKAN
Bahan:- setengah sendok the serbuk biji mahoni- 1/3 cangkir air panas- 1 sendok makan madu
Cara Mengolah:Setangah sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/3 cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu.
Aturan pakai: Minum selagi hangat. Lakukan 2-3 kali sehari

DEMAM, MASUK ANGIN
Bahan:- setengah sendok teh serbuk biji mahoni- seperempat cangkir air panas- 1 sendok makan madu
Cara Mengolah:Setengah sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan seperempat cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu.
Aturan pakai:Diminum selagi hangat. Lakukan 2-3 kali sehari.

EKZEMA, REMATIK
Bahan:- setengah sendok teh serbuk biji mahoni- setengah cangkir air panas- 1 sendok makan madu
Cara Mengolah:Setengah sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan setengah cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu.
Aturan pakai:Diminum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari.

CATATAN: sebelum dijadikan serbuk, biji mahoni dikeringkan terlebih dahulu. Setelah kering, barulah digiling sampai menjadi serbuk

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: