Skip to content

Temu kunci

March 5, 2010
Temu kunci atau Boesenbergia rotunda adalah sejenis rempah-rempah yang rimpangnya biasa dipakai sebagai bumbu masakan di Asia Tenggara. Bentuk temu kunci berbeda dari temu-temuan lain, karena tumbuhnya yang vertikal ke bawah.

Tanaman ini termasuk herba rendah yang merayap di dalam tanah dan tumbuh liar di hutan jati. Tumbuh baik pada iklim panas dan lembap, pada tanah yang subur dengan pertukaran udara dan tata air yang baik.

Temu kunci mengandung minyak asiri (sineol, kamfer, d-borneol, d-pinen seskuiterpene, zingiberen, kurkumin, zedoarin) dan pati, yang berkhasiat menyembuhkan beragam penyakit, seperti sariawan, masuk angin, perut kembung, sukar buang air kecil, gatal-gatal, keputihan, panas dalam, tuberkulosis.

Tanaman yang lebih dikenal para ibu rumah tangga sebagai bumbu penyedap masakan ini, juga dapat memacu keluarnya air susu ibu (ASI), menambah selera dan bahkan berkhasiat sebagai obat kanker.

Keampuhan temu kunci mengatasi sel kanker telah dibuktikan melalui uji in vitro, yang menyakini kandungan pinostrobin dalam temu kunci dapat merusak sel kanker sekaligus mendorong proses bunuh diri. Pinostrobin merupakan senyawa antioksidan yang berperan menangkal zat radikal bebas penyebab kanker.

Untuk mencegah dan mengatasi serangan kanker, Anda dapat membuat ramuannya sebagai berikut :
Pilih rimpang temu kunci berumur 9 bulan. Jika masa panen terlewat hingga 4 bulan dapat menyebabkan zat berkhasiat hilang. Cuci bersih lalu iris rimpang temu kunci tipis-tipis, rebus dalam 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa segelas. Minum ramuan ini secara rutin.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: