Skip to content

Berkat Daun Sambung Nyowo

February 11, 2010
Manusia hidup tak luput dari sakit. Saat keadaan ekonomi seperti masa kini, pengobatan menjadi barang mewah dan sulit dijangkau. Berbagai jenis pengobatan menjadi alternatif.

Demikian juga yang dilakukan Jen Merdin (54 tahun). Selama puluhan tahun pria yang berprofesi sebagai notaris di Bandar Lampung ini mengidap wasir atau ambeien. Namun, berkat rajin mengonsumsi daun sambung nyowo, Jen sembuh dari penyakitnya. Berikut ini penuturan Jen kepada Lampung Post di kantornya di kawasan Telukbetung, Bandar Lampung, beberapa waktu lalu.

Awalnya mengidap ambeien, Jen menceritakan selama puluhan tahun. Penyakit ini sangat mengganggu aktivitasnya. Bahkan setelah berobat dengan berbagi dokter spesialis, Jen divonis harus dioperasi. “Obat hanya untuk mengurangi penderitaan. Satu-satunya jalan mengatasi wasir atau ambeien, menurut dokter, hanya dengan operasi,” kata Jen Merdin.

Namun, sebelum operasi, ia memperoleh informasi tentang khasiat daun sambung nyowo yang konon dapat menyembuhkan ambeien.

Dia bercerita bagaimana penderitaan yang harus dialami selama mengidap wasir/ambeien dan kemudian menemukan cara pengobatan alami dan tidak memerlukan biaya sama sekali. Hanya dengan menggunakan dan memakan daun sambung nyowo, wasir/ambeien yang selama puluhan tahun mengganggu aktivitas serta rasa sakit yang mendera tubuhnya itu, seketika lenyap.

Jen Merdin lahir di Prabumulih, Sumatera Selatan, menjadi notaris di Bandar Lampung sejak 1984. Dengan senang hati memberi pohon berbentuk perdu dan berdaun selebar daun bayam kepada Lampung Post untuk ditanam. Sama seperti saat ia memberikan pohon yang berkhasiat itu kepada teman-temannya, pria yang juga aktif di kegiatan sosial itu hanya menyebutkan nama pohon sebagai sambung nyowo. “Saya tidak tahu sebutan lain, apalagi nama latinnya. Tetapi saya sudah merasakan khasiat sambung nyowo untuk mengatasi wasir,” ujar dia. “Coba nanti saya tanya Pak Muhajir (rektor Unila), apa nama latin pohon ini,” kata dia.

Jen Merdin kini sembuh dari wasir tanpa perlu operasi seperti yang disarankan dokter dan tentunya pula membutuhkan biaya besar. Padahal ia memperoleh informasi tentang khasiat sambung nyowo itu secara tidak sengaja. Sebab itu, ia ingin membagikan pengalamannya kepada orang banyak serta mau memberi gratis sambung nyowo kepada semua orang yang memerlukan.

“Waktu itu hari Minggu, obat tablet untuk diminum serta obat yang dimasukkan melalui anus habis. Tidak ada apotek yang buka. Seorang teman menyarankan mencoba tanaman sambung nyowo,” ujar Jen Merdin, suami dari Elizabeth yang dulunya bekerja sebagai asisten apoteker, tetapi kini mengurusi rumah tangga itu.

Setelah memperoleh sambung nyowo, lima lembar daun segera dicuci bersih. Digerus hingga halus, kemudian ditempelkan pada wasir serta ditekan hingga masuk melalui anus. Beberapa lembar daun sambung nyowo muda dan segar ia makan sebagai lalapan saat santap siang maupun malam. Hal itu ia lakukan selama dua hari.

Selanjutnya Jen Merdin tidak pernah lagi merasakan sakit pada wasirnya. Juga wasirnya tidak pernah lagi keluar ataupun mengeluarkan darah. Setelah dua hari melalap daun sambung nyowo serta memasukkannya melalui anus, wasirnya tidak pernah kambuh. “Saat makan sambal pun tidak pernah lagi sakit ataupun mengeluarkan darah,” kata dia. Menurut dia, tanaman ini sangat mudah sekali ditanam itu.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: