Skip to content

Cantik alami dari obat alam

January 31, 2010

PEPATAH kuno mengatakan, “Kecantikan berasal dari dalam”. Memang, bantuan terbesar untuk kesehatan dan kecantikan atau ketampanan adalah diet yang baik dan teratur, menjaga kebersihan, berolah raga dan istirahat yang cukup.

Untuk menjaga penampilan, kini obat-obat tradisional banyak digunakan dan disukai. Itu wajar, karena bahan-bahan alam umumnya tidak memiliki efek samping yang buruk. Diketahui, orang Cina telah menggunakan bahan-bahan alami untuk kosmetika sejak 4.000 tahun silam. Meskipun pemakaiannya hanya terbatas untuk mewarnai Wajah dan kuku dengan daun inai, susu dan bahan alami lain.

Menurut istilah populer kosmetik adalah bahan yang dipoleskan, disemprotkan atau digosokkan pada tubuh sehingga dapat memberikan kesegaran, kehalusan, kelembutan, kebersihan dan keharuman bagi pemakainya.

Pada saat Kerajaan Inggris diperintah Ratu Elizabeth I , ramuan dedaunan telah dikembangkan di setiap rumah, terutama di daerah pedesaan. Penduduk desa banyak memiliki kebun yang ditanami tetumbuhan untuk ramuan, yang dikenal dengan apotik hidup. Ahli ramuan yang terkenal pada masa itu adalah Nicholas Culpeper.

Para ahli ramuan dari Eropa banyak yang tergantung pada dokumen ramuan Romawi dan Yunani kuno. Pada zaman Tudor sampai abad ke delapan belas, kosmetika lebih sering digunakan untuk menutupi noda-noda pada wajah dan Kulit dari pada untuk memperindah Mata dan mempercantik wajah.

Dengan berkembangnya ilmu kesehatan, maka kecantikan bukan saja diperuntukkan bagi wanita, tetapi juga bagi kaum pria. Memasuki abad ke sembilan belas kosmetika mulai berkembang, pada masa itu mulailah anak remaja puteri diajarkan bagaimana membuat perlengkapan kecantikan sendiri, wewangian dari bunga seperti bunga lavender dan bunga violet, penyegar kulit dari air mawar, bunga-bunga dan mentimun.

Kembali lagi ke bahan alami

Bahan-bahan alamiah seperti sayuran segar banyak mengandung vitamin A dan vitamin C, bila dikonsumsi zat itu akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Usaha ini dapat dilakukan dari dalam dan luar tubuh. Perawatan dari luar, biasanya sayuran ditumbuk atau dihancurkan, sehingga menjadi racikan halus.

Ada kalanya diberi bahan tambahan agar hasilnya lebih berkhasiat. Pemilihan sayuran hendaknya diperhatikan benar, gunakan yang masih segar. Bersihkan dengan seksama agar kotoran yang melekat dapat dihilangkan untuk dihancurkan.

Tidak jarang perlengkapan kosmetika seperti pewarna bibir (lipstik), bedak, pewarna alis dan kelopak mata (eye shadow) serta pipi yang terbuat dari bahan kimia, memiliki sifat karsinogenik (pemicu kanker).

Kita juga banyak mendengar berbagai keluhan pemakai kosmetika dan deodoran. Oleh karena itu penggunaan bahan-bahan alami untuk keperluan kosmetika sangat dianjurkan dalam upaya mengurangi risiko bahaya pemakaian perlengkapan kosmetika.

Bahan segar alami yang sering kita teMukan di dapur dapat digunakan untuk merawat kencantikan. Selain mudah didapat, murah dan berkhasiat prima, karunia alam ini jauh dari efek samping yang merugikan. Yang bisa terdapat dalam bentuk bahan kosmetika kimia.

Banyak jenis pembersih muka yang dapat ditemukan di dapur, sepotong kentang yang dibelah menjadi dua bagian dan kemudian diusapkan pada kulit, akan menjadi pembersih kulit alami yang baik di samping susu dan yoghurt.

Beberapa macam bahan alami

Mentimun
Air mentimun mengandung bahan astrigen, sehingga baik untuk kulit berminyak, selain itu mentimun juga berperan sebagai pemutih. Sementara itu irisannya dapat mengurangi kelelahan mata. Untuk tonik gunakanlah parutan mentimun yang sudah disaring. Oleskan cairan secukupnya ke seluruh wajah dengan menggunakan kapas bersih.

Untuk pemutih gunakanlah separoh mentimun parut, kemudian campurkan dengan dua sendok susu segar. Bubuhkan pada wajah sekitar leher, diamkan beberapa saat lalu dibilas dengan air bersih.

Untuk mengatasi keletihan, ambil sebuah mentimun berukuran sedang, potong dan lumatkan ke dalam blender, campurkan dua sendok susu bubuk dan putih telur. Balurkan campuran ini pada wajah dan leher, biarkanlah selama 30 menit lalu basuh dengan air hangat.

Wortel
Bagi kulit yang berjerawat, gunakanlah masker wortel. Pilih wortel yang bagus jingganya, parut dan lumatkan dengan blender. Masker wajah ini dioleskan pada kulit yang berjerawat selama 20-30 menit, lalu basuh dengan air hangat.

Kita tahu bahwa wortel mengandung beta karoten yang baik khasiatnya bagi kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi bahan dari dapur yang dapat dipakai sebagai kosmetika. Selain menggunakan bahan kosmetika alami dari luar, juga dapat memberikan bahan kosmetika dari alam, yakni dengan mengkonsumsi sari buah dan sayuran segar setiap hari. Ini akan membagu merawat kecantikan kulit Anda.

Daun Seledri

Seledri berdaun halus dan bertangkai panjang, memiliki aroma khas. Berkhasiat menyuburkan dan menghitamkan Rambut, sehingga dapat mencegah kerontokan rambut beruban. Setelah keramas, ambil daun seledri yang segar, remaslah dan gosokan ke kulit kepada sambil melakukan pemijatan ringan. Biarkan beberapa saat, lalu dibilas.

Jika Anda berbadan kurus, kurang nafsu makan, buatlah jus seledri. Haluskan daun seledri, tambahkan air dan saring. Setengah cangkir perasan seledri dicampur madu, dapat membangkitkan nafsu makan, sehingga tubuh Anda lebih berisi (tampan atau seksi).

Daun Selada
Selada jika dilihat sepintas seperti lobak yang berdaun kembang. Mengandung bahan yang dapat menenangkan kulit, karena itu dapat digunakan untuk kulit yang lelah, sehingga otot-otot menjadi rileks kembali.

Dapat menghilangkan atau mengurangi garis-garis ketegangan pada kulit. Makanlah daun selada sebanyak mungkin, baik sebagai lalap maupun dalam campuran makanan lainnya.

Kentang
Kentang mempunyai khasiat membuat mata yang lelah kembali bersinar serta dapat menghilangkan bengkak pada mata. Parutlah kentang lalu masukkan ke dalam kain tipis yang bersih (kain kasa atau kain mori) dan kompreskan ke kelopak mata.

Gunakan parutan kentang segar. Jus kentang sebagaimana jus stroberi juga sering dipakai untuk pembersih kulit seperti halnya mentimun dan susu.

Masih banyak lagi bahan alamiah yang sangat bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh kita yang harus digali. Apalagi negara kita kaya akan hasil bumi untuk bahan dasar obat kencantikan dan kesehatan.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: