Skip to content

Manfaat buah Stroberry

January 7, 2010
STROBERI, blueberry, rasberry, cranberry, dan arbei merupakan buah dari keluarga berry. Buah-buahan ini memiliki bentuk dan warna yang menggoda. Di balik penampilan fisiknya yang relatif mungil, ternyata buah-buahan ini punya berjuta manfaat untuk kecantikan.

Meski demikian, jangan melihat dari ukurannya, terbukti buah-buahan dari keluarga berry ini memiliki sejuta khasiat yang diperlukan bagi tubuh, baik dari segi kesehatan maupun kecantikan.

Untuk kesehatan, misalnya, buah arbei memiliki jumlah antioksidan paling tinggi. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat bahan-bahan pemicu kanker. Buah ini bekerja dengan mencegah atau mengganggu proses yang dapat mengarah ke pembentukan sel-sel kanker.

Di samping itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada buah arbei juga bermanfaat untuk menjaga gigi dan gusi agar tetap sehat. Vitamin C dalam buah arbei, juga bermanfaat mencegah kelainan pada mulut atau seriawan.

Kandungan kalsium dan fosfor pada arbei diyakini bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi. Buah yang bernama Latin Fragaira vesca ini tampilan fisiknya cukup menggoda. Dengan kulitnya berwarna merah, arbei memang tampak memikat.

Di Indonesia, buah ini tumbuh di dataran tinggi dan bisa ditemukan di daerah Kebun Raya Cibodas yang berlokasi di Jawa Barat.

Berdasarkan Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM), dalam 100 gram arbei terkandung energi sebanyak 37 kkal, protein 0,8 gram, lemak 0,5 miligram (mg), karbohidrat 8,3 gram, asam folat 30 milisentigram (mcg), kalsium 28 mg, fosfor 27 mg, Fe 0,8 mg, vitamin A 60 SI (Satuan Internasional), vitamin B1 0,003 mg, dan air 89,9 gram.

Arbei juga merupakan sumber vitamin dan mineral untuk menghasilkan sumber tenaga. Arbei sekaligus kaya vitamin C, yaitu 60 mg. Jumlah ini setara dengan kebutuhan harian. Meski tinggi vitamin C dan rasanya asam, vitamin C tidak memberikan efek samping yang membahayakan bagi lambung.

Dalam kulit keluarga buah berry ini yang berwarna merah, biru, dan ungu ini mengandung flavonoids. Dibandingkan dengan vitamin C dan vitamin E, flavonoids mengandung lebih banyak antioksidan. Itu sebabnya buah-buahan ini lebih efektif untuk mengurangi peradangan daripada mengonsumsi aspirin.

Adapun dalam cranberry terdapat kandungan anthocyanin flavonoids yang mengandung zat antibakteri dan juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Adapun blueberry terbukti memiliki tingkat aktivitas antioksidan tertinggi dan mengandung zat yang mampu melindungi kerusakan otak yang disebabkan zat kimia, plak, maupun trauma.

Selain manfaat untuk kesehatan, buah-buahan ini juga mempunyai manfaat untuk kecantikan. Di antaranya untuk mencegah penuaan dini atau kerut-kerut di wajah.

”Buah berry merupakan bahan alami yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Konsumsi saja buah ini secara teratur,” saran dr Ratna dari Miracle Aesthetic, Kemang, Jakarta.

Hal senada diungkapkan cosmetologist Juliana Yu MD H. Menurut Juliana, buah yang kaya vitamin C ini berpotensi untuk antioksidan yang dapat membantu mempertahankan keelastisan kulit.

”Bukan hanya itu, buah yang berukuran kecil ini pun diyakini mampu melicinkan kulit sehingga tetap kelihatan muda dengan memerangi radikal bebas sebagai perusak kulit,” sebutnya.

Buah arbei juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, buah ini dapat menghambat proses penuaan dan menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) sehingga kulit tidak mudah hitam. Arbei pun ampuh untuk mengatasi jerawat.

Untuk membuat masker ini, caranya cukup mudah. Bersihkan buah arbei dengan air, kemudian dihaluskan. Tambahkan sedikit air matang untuk memperoleh adonan buah arbei yang tidak terlalu encer sehingga dapat melekat ketika digunakan sebagai masker.

Bila Anda secara rutin menggunakan masker arbei ini, jerawat pun dapat terusir dari wajah. Gunakan masker ini dua kali dalam sebulan.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: