Skip to content

Manfaat buah apel

January 6, 2010
Salah satu kiat terbesar untuk menurunkan berat badan adalah dengan melibatkan buah apel. Kapan terakhir kali Anda makan sebuah apel? sebagaimana pepatah lama berjalan,”Sebuah apel sehari membantu mencegah pergi ke dokter”.

Mengkonsumsi buah apel mempunyai beberapa manfaat sebagai berikut :

1. Menurunkan berat badan. Salah satu studi menemukan bahwa wanita yang makan 3 buah apel sehari dalam dietnya dapat menurunkan berat badan lebih banyak daripada wanita yang tidak makan apel.
2. Melindungi tulang. Apel mengandung flavanoid yang disebut phloridzin, dapat membantu mencegah osteoporosis dan dapat meningkatkan kepadatan tulang. Kandungan boron dalam buah apel juga memperkuat tulang dan membantu menanggulangi penyakit Asma. Satu studi menemukan bahwa anak-anak penderita asma yang minum jus apel setiap hari dapat mengurangi penderitaannya daripada mereka yang tidak minum. Selain itu, anak-anak yang lahir dari wanita hamil yang mengkonsumsi apel mengurangi tingkat resiko menderita asma.
3. Menurunkan Kolesterol – Karena kandungan pektin dalam buah apel, orang-orang yang mengkonsumsi 2 atau lebih buah apel dalam sehari bisa menurunkan kolesterol sebanyak 16 persen.
4. Perlindungan terhadap penyakit Alzheimer. Telah ditemukan bahwa quercetin dalam apel dapat melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas, yang menyebabkan banyak orang menderita Alzheimer.
5. Perlindungan dari penyakit kanker paru-paru – Dalam sebuah penelitian dari 10.000 orang, mereka yang makan apel paling banyak memiliki 50 persen lebih rendah risiko terkena penyakit kanker paru-paru. Para peneliti percaya hal ini disebabkan oleh tingginya kadar flavonoid quercetin dan naringin yang ditemukan dalam apel.
6. Mencegah Kanker payudara – Sebuah studi Cornell menemukan bahwa seseorang yang makan satu buah apel per hari bisa mengurangi tingkat resiko terkena kanker payudara sebesar 17 %, dan dari penelitian terhadap tikus yang makan 3 buah apel per hari dapat mengurangi tingkat resiko sebesar 39 %.
7. Melindungi dari kanker usus besar. Dari penelitian yang dilakukan terhadap Tikus yang diberi makan dari ekstrak kulit apel memiliki tingklat resiko 43 % lebih rendah dari serangan kanker usus besar. Penelitian lain menunjukkan bahwa pektin dalam apel akan mengurangi risiko kanker usus besar dan membantu untuk mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.
8. Mencegah Kanker Hati – Tikus hasil penelitian yang diberi makan ekstrak kulit buah apel memiliki resiko kanker hati 57 % lebih rendah.
9. Pengelolaan kadar gula bagi penderita Diabetes – Pektin dalam apel menghasilkan asam galacturonic dalam tubuh yang menurunkan kebutuhan insulin dan dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula bagi penderita diabetes.

Semua daftar tersebut di atas adalah beberapa manfaat untuk kesehatan dari mengkonsumsi buah apel, lalu bagaimana apel dapat digunakan untuk menurunkan berat badan? Inilah yang perlu Anda lakukan. Makan apel sehari pasti baik bagi Anda, tapi makan 3 buah apel sehari adalah hal yang akan benar-benar mendapatkan hasil. Idealnya, Anda makan apel sekitar 30 menit sebelum makan makanan utama anda.Dengan cara ini, tidak saja akan membantu memuaskan Anda, juga membantu Anda makan dengan porsi lebih sedikit, selain itu membantu untuk mempersiapkan tubuh Anda agar dapat lebih mudah menyerap nutrisi yang dibutuhkan, dan menyingkirkan yang lain.

Cobalah metode ini. dalam waktu 2 minggu, Anda akan setuju bahwa ini adalah salah satu tips terbaik untuk menurunkan berat badan selamanya. Jika Anda mau mencoba metode apel ini untuk menurunkan berat badan, ikuti juga panduan yang berikut: Usahakan untuk selalu makan kulitnya juga karena kadungan seratnya yang mudah diserap, sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk membersihkan sistem pencernaan Anda.

Hal yang sangat penting bagi penurunan berat badan adalah konsumsilah 3 buah apel per hari 30 menit sebelum makan makanan utama Anda. Makan apel selama makan atau sesudahnya tidak akan memiliki efek yang sama. Jika Anda benar-benar ingin mempercepat penurunan berat badan Anda, makanlah satu buah apel di pagi sampai tengah hari. Lalu makan satu buah apel 30 menit sebelum makan siang dan 30 menit sebelum makan malam.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: