Skip to content

Khasiat Lemon

January 21, 2010
tags: ,
Di masa pancaroba seperti ini, penyakit seperti flu dan batuk biasanya mulai menyerang kita yang daya tahan tubuhnya sedang lemah. Bila terus-menerus minum obat batuk, rasanya kok bosan juga ya. Bagaimana bila kita minum air jeruk lemon seperti yang dilakukan banyak orang, adakah aturannya?

Pencegahan sebenarnya hal yang paling penting. Sejatinya, Ph darah kita selalu dalam keadaan sedikit basa (7,35 – 7,45). Bakteri dan virus tak bisa aktif jika tubuh bersifat basa. Bila di rumah Anda penyakit flu dan batuk tak pernah berhenti mampir, sepertinya Ph tubuh keluarga Anda kebanyakan bersifat asam. Itu sebabnya, daya tahan tubuh bisa turun. Bakteri dan virus juga berkembang.

Mengonsumsi makanan yang sehat, dengan memperbanyak asupan buah dan sayuran, bisa membantu menangkal serangan bakteri dan virus. Sebab, buah dan sayuran bersifat netral dan basa. Makanan yang banyak mengandung vitamin C juga baik untuk kesehatan. Lemon mengandung sekitar 80-90 mg vitamin C. Kandungan antioksidan dalam lemon bisa menetralkan radikal bebas yang masuk ke tubuh kita.

Lemon juga bisa mengurangi sisa racun dari obat-obatan dan alkohol, mengurangi stres, membantu produksi darah merah, mengurangi reaksi alergi, membantu pembuatan kolagen, mengurangi penyakit lambung, dan lain-lain. Lemon organik memiliki kadar vitamin C 40% lebih tinggi, dibandingkan yang non-organik.

Lemon boleh diminum saat perut kosong, seperti pada pagi hari atau sebelum makan. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, lemon baik untuk liver karena sifatnya basa (meski rasanya asam). Saat sedang flu atau batuk, minum lemon minimal 3-4 kali sehari. Bisa dicampur raw honey dan air hangat, atau cukup lemon dan air hangat saja bagi penderita diabetes. Jika flu atau batuk cukup parah, campur lemon dengan madu Manuka. Bisa juga ditambah lagi dengan 1-2 siung bawang putih (atau dalam bentuk kapsul).

Untuk sehari-hari, kita boleh mengonsumsi lemon sebebasnya karena tidak ada efek samping. Jangan lupa membilas mulut dengan air putih setelahnya, untuk mengurangi sensitivitas pada gigi.

About these ads
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: